Labels

Bedanya angkat beban atau kardio untuk membakar lemak

Kalau bicara mengenai membakar lemak, angkat beban lebih menguntungkan daripada kardio.

Banyak yang mengartikan kalau angkat beban tidak banyak bekerja untuk cardiovascular system, tapi coba tanyakan pada siapa saja yang pernah melakukan bench press 12-rep set, apakah heart rate/detak jantungnya naik atau tidak? pasti naik. 
Berbicara secara teknik, kegiatan apa saja yang bisa mempercepat detak jantung adalah "kardio." Kardio tradisional (treadmill, elliptical machine, atau melakukan step aerobic) bisa menguntungkan dalam membakar lemak, setidaknya secara sementara. Tapi badan anda akan beradaptasi pada stress yang didapatkan. Dengan berjalannya waktu,badan akan mulai terbiasa. Pembakaran kalori anda akan menurun, sebelumnya membutuhkan 20 menit untuk membakar kalori sebesar X tetapi selanjutnya akan membutuhkan waktu 30 menit,selanjutnya 40 menit dan seterusnya.
Dengan angkat beban, anda bisa mengatasi hal diatas dengan membuat variasi dalam latihan anda untuk membuat badan anda terus menebak-nebak. Anda bisa memvariasiakan latihan anda dengan mengangkat beban lebih, menurunkan waktu istirahat, menambah repetisi atau merubah urutan latihan anda. Semuanya ini untuk menghindari badan anda mencapai titik stagnan, meningkatkan kemampuan badan anda untuk membakar lemak.
  
 Mengangkat beban juga menambah massa otot anda yang mana meningkatkan pembakaran lemak. Ini artinya anda membakar lebih banyak kalori dalam sehari.

Baca: Otot-untuk-mengurangi-berat-badan

2 comments:

  1. jadi mana yang paling cepat menurunkan berat badan cardio atau angkat beban

    ReplyDelete
  2. Kalau bicara mengenai menurunkan berat badan/membakar lemak, angkat beban lebih menguntungkan daripada kardio, Mengangkat beban juga menambah massa otot anda yang mana meningkatkan pembakaran lemak. Ini artinya anda membakar lebih banyak kalori dalam sehari.

    ReplyDelete