Labels

HIIT efektif menurunkan berat badan

HIIT workoutBANYAK jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya ialah dengan menjalani latihan interval secara teratur.HIIT ( High Intensity Interval Training) akan membakar lebih banyak Kalori.

Hal ini seperti hasil penelitian terbaru dari University of Western Australia. Dijelaskan bahwa rutin melakukan latihan interval menjadi cara efektif untuk membantu menekan nafsu makan jangka pendek.

Peneliti menemukan pria berbadan gemuk yang dapat melakukan  latihan interval selama 30 menit. Kemudian ditemukan data bahwa latihan itu dapat menurunkan 170 kalori dalam tubuh, yang lebih tinggi dibandingkan jenis olahraga ringan.

"Mengapa latihan interval bisa meredam nafsu makan seseorang, hal ini dikarenakan adanya perubahan tingkat hormon dan metabolisme nafsu makan. Di mana latihan itu menekan ghrelin "hormon lapar" dalam tubuh, dan meningkatkan kadar glukosa laktat darah dan glukosa darah dimana keduanya memainkan peranan penting untuk menekan nafsu makan pada jangka pendek," kata Aaron Sim, kandidat Ph.D dari University of Western Australia sekaligus penulis utama penelitian tersebut. Demikian seperti dilansir Menshealth.

Dalam penelitian itu, peneliti menggunakan latihan interval yang memakai rasio olahraga untuk istirahat. Misalnya, Anda berjalan cepat selama 60 detik dan kemudian memperlambat kecepatan Anda selama empat menit. Atau berlari selama 15 detik, setelah itu beristirahat dengan berjalan selama 60 detik.

Sementara itu, kata Sim, manfaat latihan interval ini juga bisa menjaga kesehatan jantung Anda, dimana bisa membantu jantung berdenyut jauh lebih optimal.

Bila Anda ingin mencoba bereksperimen sendiri dengan latihan ini, tentu hal itu boleh-boleh saja apakah itu  bersepeda, berjalan atau berlari. Namun Anda harus tetap menjalaninya berdasarkan rasio latihan interval yakni berolahraga yang memberikan jeda di sela-sela aktivitas fisik.

Di Blog ini HIIT ( High Intensity Interval Training) dapat ditemukan dalam label 20 Menit . Didalamnya terdapat contoh-contoh latihan dalam Gambar yang langsung bisa dipraktekkan sehari-hari tanpa perlu memusingkan mau melakukan latihan apa hari ini. Anda selalu bisa mengunjungi blog ini sebagai referensi latihan.
Untuk Anda yang lebih berpengalaman, Klik label Tantangan untuk menemukan latihan Interval yang lebih menantang. Siapkah anda menerima Tantangan ??