Labels

Tidur membantu menurunkan berat badan

Banyak orang menyadari kebutuhan akan tidur itu penting tapi hanya sedikit yang benar-benar menyadari Sangat Pentingnya tidur bagi binaraga,atlet dan orang-orang yang mau menurunkan beberapa kilogram berat badannya. Kalau anda mau membangun otot,menghilangkan lemak atau memaksimalkan performa athletic, anda tidak bisa mengabaikan tidur. Jaman sekarang ini banyak orang mengabaikan tidur,karena kesibukan,kesenangan/hura-hura,sekolah/kuliah,pekerjaan,family,internet,dll. Rata-rata orang jaman sekarang tidur lebih sedikit dari  seabad lalu. Kalau anda serius untuk menurunkan berat badan atau binaraga,maka anda harus mendapatkan cukup tidur.


Best Memory Foam MattressKalau anda mengabaikan tidur/tidak cukup tidur:
1. Anda bisa menumpuk lemak
2.Anda membakar otot bukan lemak
3.Performa athletic anda bisa menurun

Tidur sangat penting untuk mengatur hormone. Kalau anda mengabaikan tidur, Hormone Leptin anda menurun dan Ghrelin level meningkat yang mana membuat metabolisme anda menjadi lambat. Ini juga bisa membuat anda lebih lapar jadi anda kemungkinan bisa makan terus. Mengabaikan tidur mempunyai dampak buruk double bagi orang yang mau menurunkan berat badan. Ini membuat badan membakar lebih sedikit kalori dan membuat anda makan lebih banyak, jadi anda bisa bertambah gemuk !
Mengabaikan tidur membuat anda membakar otot bukannya lemak ! Apalagi kalau anda menjalankan diet, badan akan membakar otot 2x lebih banyak sedangkan lemak cuma separuhnya ! Pesannya jelas, kalau anda mau membuat otot terlihat jelas/ripped, anda HARUS mendapatkan cukup tidur,kalau tidak anda akan kehilangan otot bukannya lemak ! Kalau anda makan lebih sedikit dari asupan tiap hari yang dianjurkan badan kesehatan untuk menurunkan berat badan, anda harus mendapat cukup tidur kalau tidak berat badan yang hilang bukannya lemak tapi otot.
Kalau anda mengabaikan tidur ini membuat anda lambat, rasanya seperti mabuk seharian/tidak merasa fit. Kalau anda berlari anda lebih lambat, Kalau memanah, akurasi anda berkurang. Cara paling mudah untuk mendapatkan perfoma puncak adalah dengan mendapatkan cukup tidur.

Saya tahu kalau kebanyakan orang berpikir bahwa mereka mendapat cukup tidur padahal kenyataannya tidak. Kita di dunia yang sekarang ini banyak orang yang mengabaikan tidur.
Saya punya cara sederhana untuk mengetahui kita cukup tidur atau tidur. KALAU ALARM MEMBANGUNKAN ANDA BERARTI ANDA KURANG TIDUR. Anda dibangunkan sebelum badan anda beristirahat penuh dan sebelum semua pekerjaan dalam badan anda selesai. Seperti halnya baterai handphone anda, anda bisa mencabutnya dari charger dan memakainya meskipun baterai baru terisi 50%, tapi apakah maksimal penggunaannya? Banyak orang menggunakan alarm clock tapi anda tidak"perlu"melakukannya, semuanya tentang managemen waktu. Seringkali saya mendengar orang berkata "Saya tidak perlu tidur lama"-saya tidak percaya kalau itu hal yang baik. Kalau tidur lama membuat anda grogi dan capek, mungkin anda perlu periksa ke dokter secepatnya karena anda mungkin mengalami Sleep apnea/gangguan tidur karena pernapasan. Kalau anda "cuma butuh waktu tidur 6 jam" ini mungkin dikarenakan stress,anxiety/gelisah atau karena mengkonsumsi terlalu banyak kafein. Meskipun banyak yang bisa tertidur ketika mereka sangat lelah walaupun mereka mempunyai sisa kafein dalam tubuh atau stress. Ketika bangun tengah malam, mereka benar-benar susah untuk bisa kembali tidur. Ini bukanlah pertanda kalau mereka tidak membutuhkan tidur! Ini adalah indikasi kalau mereka mempunyai masalah yang perlu dipecahkan supaya mereka bisa mendapatkan tidur yang diperlukan tubuh !
Jadi itulah 4 alasan untuk mendapatkan cukup tidur:
1. Membuat anda lebih tidak berlemak
2.Membantu anda menghilangkan lemak bukan otot
3.Menolong anda membangun otot/lebih cepat pulih
4.Meningkatkan performa anda