Labels

Serat-Fiber


Food In Fiber

Pola makan/diet berperan penting dalam kehidupan kita. Pola makan kita ditentukan LifeStyle/gaya hidup kita masing-masing. Biasanya orang yang makan dengan pola makan seimbang lebih sedikit bermasalah dengan kesehatan. karena mereka memasukkan/memakan semua macam makanan dengan porsi seimbang.
Orang yang menderita sakit karena pola makan umumnya adalah orang-orang yang selalu mengkonsumsi junk food seperti makanan instant,makanan kaleng,burger, pizza,dll. Mereka tidak pernah menyadari kalau junk food tidak benar-benar menggantikan makanan alami/natural food yang dibutuhkan. Serat/Fiber adalah satu elemen yang diperlukan dalam pola makan sehari-hari. Fiber mempunyai banyak keuntungan. Faktanya mengkonsumsi makanan yang kaya serat dapat menghindarkan dari banyak masalah kesehatan.

Cara serat/fiber menguntungkan tubuh kita

Fiber menurunkan kolesterol level dalam darah. Ini adalah solusi utama bagi semua yang menderita kolesterol tinggi. Fiber sangat banyak menolong untuk orang kelebihan berat badan. Fiber didefinisikan sebagai rahasia untuk menurunkan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan memerlukan fiber yang cukup. Fiber juga membantu mencegah colon cancer/kanker usus besar, yang mana tidak diragukan lagi sebagai penyakit yang mematikan. Fiber sangat penting dalam mengontrol diabetes. Soluble fiber/serat larut menolong dalam penyerapan gula darah, karena itu memperbaiki level gula darah. Fiber paling efisien dan efektif dalam membantu proses buang air besar. Ini adalah obat alami untuk mengatasi sembelit. 
Bentuk-bentuk Fiber:
Ada 2 macam fiber:   1. Soluble/Larut           2. Insoluble/tidak larut
Fiber In Food
Soluble fiber larut dalam air untuk membentuknya seperti gel, sebaliknya Insoluble fiber beraksi sebagai alat pembentuk/bulking agent dan karena itu membantu dalam pencernaan.

Makanan yang mengandung fiber
Pisang, Apel, Pepaya adalah buah yang kaya serat. Kacang-kacangan juga membantu meningkatkan asupan serat anda. Oat meals dan buncis/bean juga kaya fiber. Sayuran hijau juga sumber fiber. Potato/kentang, yang mana all time favorite, juga sumber fiber. Anak-anak dapat mengkonsumsi kentang dalam bentuk potato chip/kripik kentang untuk meningkatkan asupan fiber. Cereal juga bisa dijadikan makan pagi/breakfast.
Asupan Harian Fiber
Laki-laki berumur 50tahun atau yang lebih muda membutuhkan sekitar 38 gram fiber. Laki-laki diatas 50tahun membutuhkan sekitar 30 gram fiber. Wanita berumur 50tahun atau yang lebih muda membutuhkan sekitar 25 gram fiber. Wanita diatas 50tahun membutuhkan sekitar 21 gram fiber.
Kerugian dari kelebihan asupan fiber
Semua juga tahu kalau apapun yang berlebihan tidak baik dan kelebihan fiber juga bisa menimbulkan masalah. Masalah paling umum yang disebabkan oleh kelebihan fiber adalah gas dan kembung, itu bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan memalukan (jangan buang gas/kentut sembarangan).
Kesimpulan
Asupan Fiber sudah seharusnya menjadi rutinitas keseharian dalam pola makan kita.