Labels

Berat badan tidak berubah padahal sudah latihan?

Question: Pet,Mau nanya soal berat badan nih hehe. Kok berat badanku stuck ngga mau turun lagi ya, kenapa ya Pet? Apa kardionya kurang?
thanks Pet.

Answer-Peter : Apakah anda mengalami kemacetan dalam menurunkan berat badan selama beberapa minggu meskipun faktanya anda terlihat telah melakukan hal-hal yang "benar"? Ini kadang membuat orang frustasi ketika proses menurunkan berat badan menjadi terhenti meskipun rutinitas anda tidak berubah banyak (masih berolah-raga, menjaga makan,dll)
Ini dialami banyak orang dan umumnya disebut plateau/taraf tanpa kemajuan.
Ada beberapa alasan mengapa timbangan itu tidak bergerak angkanya. Dengan sedikit perubahan pada rutinitas anda, Anda akan menemukan bahwa berat badan anda bergerak turun kembali. Coba lihat beberapa alasan umum kenapa timbangan anda tidak bergerak turun.

1. Anda underestimating/mengentengkan Kalorie yang anda makan. Ketika anda memulai diet, Anda kemungkinan menghitung kalori anda dengan ketat. Anda mungkin memakai timbangan atau mangkok ukuran untuk menyakinkan anda memakan porsi yang tepat. Akan tetapi,dengan berjalannya waktu, anda melunak, tidak lagi menghitung secara cermat tapi hanya memakai kira-kira. Ini bisa menambah extra kalori tanpa anda menyadarinya. Track Kalori anda dengan online calorie counter atau fitness tracker atau applikasi pada handphone anda.Sekarang sudah cukup banyak applikasi untuk menghitung kalori yang bisa anda dapatkan secara free untuk dapat dipakai pada cellphone/handphone anda.

2. Anda overestimating/kelebihan menghitung kalori yang terbakar. Kalau anda mengikuti petunjuk membakar kalori pada mesin latihan atau mengandalkan estimasi dari internet, Anda mungkin overestimating berapa banyak kalori yang anda bakar ketika anda latihan.
Pastikan anda latihan dengan mencapai Target Heart Rate anda.

3. Anda tidak cukup makan. Orang yang lebih aktif membutuhkan kalori lebih untuk sekedar bertahan hidup. Kalau anda makan terlalu sedikit, badan anda berpikir kalau anda kelaparan dan badan anda mencoba menahan lemak anda. Paling Minimum untuk wanita 1200 kalori dan 1800 untuk Pria. Untuk orang yang lebih besar, lebih aktif, atau wanita menyusui mungkin memerlukan lebih banyak kalori.

4. Badan Anda menjadi terbiasa. Badan kita dirancang untuk menjadi efficient. Kalau anda selalu melakukan latihan yang sama sejak anda memulai diet, badan anda menyesuaikan diri pada aktifitas anda, jadi Badan anda tidak membakar banyak kalori dibandingkan dengan pertama kali anda memulai. Untuk mengatasi hal ini, cobalah merubah ke latihan aerobic/kardio  yang berbeda atau menaikkan frequency, durasi atau intensity latihan anda.  Kalau anda latihan beban, cobalah latihan yang berbeda dan pastikan untuk menaikkan beban kalau latihan anda menjadi terlalu mudah bagi anda. Baca: http://bodymx.blogspot.com/2013/07/bedanya-angkat-beban-atau-cardio-untuk.html

5. Anda kehilangan lemak tapi menambah otot.  Kalau anda baru memulai untuk latihan (atau baru latihan kembali setelah lama berhenti). Anda mungkin kehilangan lemak tapi menambah otot pada waktu yang sama. Bagaimana untuk mengetahui bahwa anda kehilangan lemak dan menambah otot? Track body fat percentage anda setelah beberapa minggu latihan. Anda mungkin melihat berat badan anda tetap sama tetapi body fat percentage anda menurun.
Baca : Cara-mengukur-lemak-tanpa-caliper

No comments:

Post a Comment