Labels

Simple vs Complex Carbohydrates

Carbohydrates, protein dan fat membentuk 3 macronutrient utama yang diperlukan dalam setiap pola makan seimbang. Protein dan fat bertanggung jawab memfungsikan tubuh seperti membentuk sel-sel baru dan insulation, carbohydrates menyediakan kalori  yang diperlukan tubuh untuk memproduksi energy. Faktanya, carbs menyediakan lebih dari 60%energi yang diperlukan tubuh. Energi tersebut kebanyakan digunakan untuk menjalankan fungsi normal tubuh seperti detak jantung, pencernaan dan pernapasan dan menggerakkan tubuh. Carbohydrates dapat dibedakan menurut chemical structures-nya. Mereka diklasifikasikan sebagai  simple carbohydrates dan complex carbohydrates.

Simple Carbohydrates

Simple carbohydrates adalah gula sederhana dengan chemical structure yang terdiri dari 1 atau 2 gula. Mereka adalah gula yang mempunyai sangat sedikit nutrisi bagi tubuh dan untuk itulah, disarankan untuk membatasi konsumsinya sesedikit mungkin. Perbandingannya dengan complex carbohydrates, simple carbohydrates dicerna lebih cepat karena mereka mempunyai chemical structure yang sederhana.
Ada 2 tipe simple carbohydrates: monosaccharides dan disaccharides. Monosaccharides terdiri dari hanya 1 gula. Contohnya termasuk: fructose, galactose dan glucose. Disaccharides terdiri dari 2 monosaccharides yang terhubung secara kimia, dan mereka berbentuk lactose, maltose and sucrose.
Makanan yang mengandung simple carbohydrates termasuk gula putih dan makanan yang terbuat dari tepung putih, madu, milk, yoghurt, candy, chocolate, buah, juice buah, cake, jam, biscuits, molasses, soda dan cereal kemasan. Meskipun faktanya simple carbohydrates tidak mengandung cukup banyak nutrisi penting, bahan makanan seperti buah masih baik untuk anda. 

Complex Carbohydrates

Complex carbohydrates memiliki chemical structure yang terdiri dari 3 gula atau lebih, yang mana biasanya terhubung membentuk rantai. Gula-gula ini kebanyakan kaya serat/fiber, vitamin dan mineral. Karena mereka complex, mereka memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan mereka tidak menaikkan level gula darah secepat simple carbohydrates. Complex carbohydrates beraksi sebagai bahan bakar tubuh/body's fuel, dan mereka penyumbang penting dalam memproduksi energy.
Sama seperti simple carbohydrates, complex carbohydrates terbagi menjadi 2 katagori: oligosaccharides dan polysaccharides. Oligosaccharides terdiri sejumlah kecil monosaccharides, yang mana tidak lebih dari 10. Mereka penting dalam penyerapan mineral tertentu dan pembentukan asam lemak/fatty acids. Polysaccharides seringkali terdiri dari sejumlah besar monosaccharides dan disaccharides. Contoh polysaccharides termasuk cellulose, dextrin, glycogen dan starch.
Complex carbohydrates umumnya ditemukan dalam sayuran, whole-meal bread dan cereal. Contoh makanan yang mengandung complex carbohydrates termasuk bayam/spinach, yams, broccoli, beans, zucchini, lentils, skimmed milk, whole grains dan banyak jenis tumbuhan polong/leguminous plants dan sayur-sayuran.
Complex carbohydrates mempunyai Nutrisi yang lebih tinggi daripada simple carbohydrates. Mungkin terkadang membingungkan untuk bisa membedakan simple dan complex carbohydrates  dikarenakan faktanya complex terdiri dari beberapa elemen dari yang simple. Meskipun demikian, membedakan diantara keduanya seharusnya tidak menjadi masalah karena mereka mempunyai chemical structures yang sangat berbeda. Untuk itulah mereka bisa dibedakan menurut kandungan nutrisinya. Konsumsi simple carbohydrates tidak disarankan terutama untuk penderita diabetes.

No comments:

Post a Comment