Labels

4 Latihan Menghilangkan lemak di punggung

Punggung seringkali dilupakan sebagai bagian tubuh yang perlu dibentuk. Padahal membentuk dan menjaga otot punggung yang kuat akan membantu menghilangkan dan mencegah nyeri punggung, memperbaiki postur, dan tentu saja membuatnya terlihat lebih kencang dan menarik.

Berikut ini adalah empat langkah untuk menguatkan otot-otot punggung yang mencakup juga bahu dan lengan, sekaligus menyingkirkan lemaknya yang mungkin berlebih.

1. Plank to row
Lakukan pose push up sambil memegang beban di masing-masing tangan. Pilih beban yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kemudian, angkat satu tangan hingga sejajar dengan tubuh sambil memegang beban tadi. Ulangi 10-12 kali sebelum beralih ke tangan lainnya.

2. Inverted modified row
Untuk melakukannya, Anda butuh sebuah tiang yang melintang sehingga Anda bisa berpegangan di bawahnya. Atur ketinggian tiang hingga kaki Anda bisa menyentuh lantai dengan posisi lutut yang membentuk sudut 90 derajat. Tarik lengan Anda hingga dada menyentuh tiang, tahan dua detik, lalu turunkan kembali. Ulangi gerakan tadi sebanyak tiga set, dengan 10-12 pengulangan untuk masing-masing set.

3. Reverse fly
Gunakan beban yang sesuai dengan kemampuan, sekitar satu hingga tiga kilogram. Duduklah di pinggir kursi dan jagalah punggung Anda tetap lurus. Letakan tangan Anda lurus di depan dada sambil mengangkat beban, kemudian buka tangan hingga sejajar dengan bahu. Kembali ke posisi awal, dan lakukan sebanyak tiga set, dengan 10-12 pengulangan untuk masing-masing set.

4. Pull ups
Ini adalah latihan terbaik untuk memperkuat bagian punggung atas. Lakukan dengan menarik tubuh Anda ke atas saat Anda berpegangan pada tiang. Bagi pemula, sebaiknya gunakan tali karet untuk mempermudah latihan ini. Letakkan tali karet melingkar pada kaki dan tiang, sehingga Anda seakan mendapat bantuan tarikan dari tali tersebut. Ulangi sebanyak yang Anda mampu.

No comments:

Post a Comment