Labels

Kenapa kita butuh makan segera setelah latihan?

Anda baru saja menyelesaikan latihan anda. Anda tahu Apa dan Kapan anda perlu makan untuk mengoptimalkan hasil latihan anda? Jawabannya disini

Untuk apa sih makan segera setelah latihan? Ini semua tentang 2 hal :
Pemulihan dan penyimpanan/penyerapan. Anda memerlukan pemulihan setelah kehilangan dalam proses latihan dan badan anda menyerap lebih baik setelah latihan.Tentu saja anda boleh makan nanti nanti saja tetapi manfaat dan hasilnya tidak sebaik pada waktu anda segera makan setelah latihan.
Atlet memerlukan Karbohidrat dan cairan untuk menggantikan glycogen dan air yang hilang selama proses latihan. Otot menyimpan lebih banyak glycogen pada waktu setelah latihan.
Protein menyediakan amino acids yang diperlukan untuk membangun kembali serat otot yang rusak akibat latihan.Protein dapat meningkatkan penyerapan akan air dalam usus dan memperbaiki kandungan air dalam otot. Amino acid dalam protein dapat menstimulasi sistem daya tahan tubuh,membuat anda lebih tahan terhadap flu dan infeksi infeksi lain.
Makan sesudah latihan sangatlah penting terutama bagi mereka yang latihan setiap hari.

*Glycogen adalah satu bentuk penyimpanan energy dalam tubuh,penyimpanan terbanyak didalam hati,ini akan berubah bentuk ke glukosa/gula darah bila diperlukan oleh tubuh.

Kapan Waktu untuk makan.
Menurut New York Times Well Blog, 15 menit pertama sangatlah penting “enzymes yang menolong badan memadukan kembali glycogen dalam otot sangat aktif dalam 15 menit pertama.Semakin lama kita menunggu untuk makan sesuatu,semakin lama pula proses pemulihan kita.
Bila anda sulit mendapatkan makanan yang tepat dalam 15 pertama,pastikan untuk makan sesuatu untuk mengisi perut anda dalam waktu maksimal 1 jam setelah latihan. Anda tidak akan memaksimalkan pemulihan kalau anda menunggu lebih lama.

Makanan apa yang tepat.
Nah,Sekarang pertanyaan yang terpenting,Kita berpindah dari berbicara soal protein dan karbohidrat ke hal yang lebih nyata untuk dicerna setelah latihan.
ESPN menyarankan sports drinks/minuman khusus olahraga lebih baik dikonsumsi selama latihan tapi juice lebih baik dikonsumsi setelah latihan ketika badan kita memerlukan karbohidrat.
Hal penting lain adalah pencernaan: badan kita tidak terbiasa mencerna makanan setelah latihan,itu akan sulit mencerna makanan padat dengan segera,khususnya setelah latihan yang lama/serius training.
Strategi Nutrisi yang paling penting setelah latihan adalah penggantian cairan tubuh. Minum air,Juice buah atau sport drink untuk menggantikan cairan yang hilang.tetapi berhati hatilah dengan sport drink yang mengandung terlalu banyak gula.

Saran Terakhir.
Makan setelah latihan memerlukan waktu untuk menjadi terbiasa.Tetapi Ingat kalau anda cuma latihan 2-3 kali seminggu,ini bukanlah suatu keharusan untuk segera pulih,tetapi bila anda latihan hampir tiap hari,ini sangatlah penting.
Jangan berpikir makan setelah latihan adalah makanan seporsi makan malam,tetapi lebih kepada makanan pembuka. misalnya : segelas susu coklat low fat.
Golnya bukanlah makanan setelah latihan tetapi lebih kepada makanan pembuka untuk membantu badan memulihkan diri secepatnya.
Tetap ingat prinsip umum ini,makan sehat dan bersih dan anda akan pulih dalam waktu singkat untuk latihan berikutnya.

2 comments:

  1. kalau sebelum mulai fitness bagusnya makan dulu ga?

    ReplyDelete
  2. Makan dulu 1-2 jam sebelum fitness itu bagus untuk energy,jadi pada waktu fitness menjadi bertenaga,tidak lemas :)

    ReplyDelete