Labels

Nutrisi Kunci Membangun Otot dan Menurunkan berat badan

Nutrisi adalah kunci untuk pertumbuhan otot/hypertrophy (muscle growth) dan weight loss/menurunkan berat badan. Bila kita tidak memberi makan tubuh kita secara semestinya maka tubuh kita tidak akan "bekerja semestinya".

Latihan/Training merusak otot (otot menjadi berlubang lubang dalam tingkat sel) dan memerlukan makanan untuk mengisi kembali lubang lubang tersebut sehingga otot bertambah besar. Jadi kalau kita tidak mengkonsumsi protein dan Karbohidrat setelah training (dalam waktu sekitar 2 jam) maka badan kita akan mengkonversikan/"memakan" otot kita menjadi energi dan kita akan merasakan nyeri akibat latihan lebih lama.
Masih berhubungan dengan Nutrisi, jika kita tidak mendapatkan asupan yang cukup akan protein maka latihan seberat apapun tidak membuat otot anda lebih besar.

Saya seringkali menemui orang yang mau menurunkan berat badan dengan cara sedikit makan atau kalau mungkin tidak makan sama sekali agar bisa menurunkan berat badan secara cepat. Kita tidak seharusnya mengurangi asupan kalori kita dibawah 25% dari BMR (Base Metabolic Rate)/Basal Metabolisme yang mana akan diartikan oleh badan kita sebagai kelaparan/hibernation mode/starvation dan badan kita akan membagi kalori yang dibutuhkan untuk mencerna makanan,memompa jantung,dll dari Otot bukan dari simpanan lemak.

Komponen penting yang lain dalam menurunkan berat badan adalah menggunakan dan mempunyai otot yang lebih besar. Lebih besar group otot yang kita gunakan,lebih besar pula kalori yang kita bakar. Lari membakar banyak kalori dan bukan hanya karena itu adalah latihan kardio,tetapi juga karena kita menggunakan otot terbesar dalam tubuh kita (Hip Flexors/otot pinggang,Quads/otot paha depan,Hamstrings/otot paha belakang,Core/otot perut dan Glutes/otot paha atas)

ACSM mengajarkan aturan 50/30/20 (50 Karbohidrat, 30 protein, 20 fat/lemak) sebagai perbandingan,tetapi aturan food pyramids/piramid makanan berbeda tiap negara.
Jadi sangat penting untuk memperhatikan asupan Nutrisi bagi badan kita apapun goal kita (Membangun Otot dan Menurunkan berat badan).

No comments:

Post a Comment